Maybank Bali Marathon

Pada tanggal 8 September 2019, KAS Runners berpartisipasi dalam acara Maybank Bali Marathon 2019. Acara ini bertempat di Bali Safari & Marine Park, Gianyar. Para KAS Runners menyadari bahwa berlari mempunyai banyak manfaat, diantaranya :

1. Bikin bahagia
Ya, setiap olahraga yang kita lakukan bisa membuat kita merasa bahagia — termasuk juga lari. Manfaat lari yang membahagiakan ini disebut juga dengan “Runner’s high“. Menurut sebuah penelitian, lari merangsang tubuh untuk meningkatkan produksi hormon endocannabinoid dalam jumlah besar.
Endocannabinoid adalag hormon yang bertugas membuat Anda merasa senang. Hormon ini diduga memiliki efek euforia yang lebih kuat dibandingkan endorfin karena ketika endorfin hanya diproduksi bagian tertentu, endocannabinoid dapat diproduksi di berbagai sel tubuh. Lari juga dipercaya dapat meningkatkan mood dengan segera pada mereka yang menderita depresi.

2. Menurunkan berat badan
Lari membuat Anda tetap bugar karena olahraga kardio ini membakar lemak dengan cepat. Lari membantu mengurangi berat berlebih dan menjaga berat badan Anda secara konsisten. Tubuh akan terus membakar kalori bahkan setelah Anda menyelesaikan sesi lari, dan Anda bahkan tidak perlu lari secepat kilat untuk mencapai manfaat tersebut.
Lari dapat membuat Anda ingin makan lebih banyak. Yang penting, jangan jadikan olahraga sebagai alasan Anda untuk makan apapun yang Anda inginkan. Jika Anda tidak mengatur pola makan, sesi lari Anda akan jadi pengorbanan yang sia-sia.

3. Menajamkan otak
Fungsi kognitif otak mulai merosot seiring bertambahnya usia, sehingga kemampuan Anda untuk berpikir dan bahkan mengingat juga semakin sulit. Bukannya tidak mungkin penurunan fungsi otak lama kelamaan bisa membuat Anda pikun atau malah kehilangan ingatan. Untuk mencegahnya, mulailah berlari. Melawan gangguan kognitif yang terkait usia adalah salah satu manfaat lari yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya. Orang usia lanjut yang rutin berlari dilaporkan memiliki ketajaman ingatan yang lebih baik dan rentang fokus yang lebih lama. Mereka juga mendapatkan nilai yang lebih tinggi pada tes mental secara keseluruhan daripada mereka yang menjalani kehidupan sedentari. Kemampuan kognitif pasien penyintas stroke juga dilaporkan meningkat hingga 50% saat menjalani latihan fisik yang rutin.

4. Jasmani yang sehat
Manfaat lari itu sendiri bukanlah obat mujarab penyembuh segala macam penyakit. Namun olahraga ini dapat mencegah berbagai penyakit. Pelari wanita memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker payudara. Berlari juga mengurangi risiko Anda untuk terkena stroke. Banyak dokter menganjurkan olahraga lari sebagai bagian dari rencana pengobatan untuk penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Saat berlari, arteri dan jantung Anda menjadi lebih kuat, sehingga mengurangi risiko Anda untuk terkena henti jantung. Lari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, yang berujung pada peningkatan kesehatan secara keseluruhan.



 

Comments ()

October 15, 2019 at 09:47am

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *